Selasa, 26 Agustus 2014

Menangani Masalah Pada Handphone Samsung Galaxy Young

"Hidup ini semakin berwarna jika ditangan kita ada gadget Android dari Samsung Galaxy Young" kata teman saya. Tapi muncul dalam benak saya, bagaimana jika tuh gadget ngadat atau error atau terkunci dan minta password terus ??? Masak hidup jadi tidak berwarna (abu2) gitu ??? Ga kan ! Nah, jika ada masalah yang muncul jangan buru2 bt, galau, usaha donk, coba cara di bawah ini yang saya tawarkan, yach, monggo dicoba dulu :






1. Kalau HP hang (macet)
    Jangan buru2 bilang rusak, siapa tau, hanya masalah kecil yang tentu ada solusi mudah mengatasinya , antara lain : mungkin ada aplikasi yang sudah rusak atau corrupt tetap jalan saat itu.

**Solusi pertama**
 matikan HP Samsung -nya lewat tombol power atau kalau tidak bisa, cabut batere, cabut MMC-nya, nyalakan HP Samsung-nya tanpa MMC dulu, biar tidak banyak aplikasi yang diakses.

**Solusi kedua**
1. Periksa MMC yang ada, apakah sisa memori masih banyak, atau tinggal sedikit, minimal sisa ada 10% dari total kapasitas MMC, misal kapasitas 2GB (2000 MB), minimal ada ruang sisa 200 MB untuk digunakan pengaksesan data dan aplikasi selama data atau aplikasi tsb dipakai.

2. Periksa dan pastikan tidak ada file2 atau folder aneh (red : tidak bisa dibaca namanya) yang tampak di MMC kita, terkadang file aneh tersebut bisa berukuran beberapa KB, MB, bahkan GB / buah.
    a. Kalau ada, itu pertanda MMC terkena virus atau MMC rusak.
    b. Jika hal ini yang dialami, coba backup dulu MMC ke komputer atau laptop dengan memilah file dan folder yang berisi file penting & bersih dari virus atau file aneh, kemudian lakukan format MMC tersebut dengan cara klik kanan drive tempat MMC berada, pilih Format, OK.
    c. Tunggu hingga proses format selesai, keluar. Jika MMC bisa diformat, dan isinya kosong, MMC masih dalam keadaan baik, jika MMC tidak bisa diformat atau bisa diformat, tapi data didalamnya tidak kosong, maka MMC sudah rusak.
    d. Untuk MMC yang masih dalam keadaan baik, kembalikan data dari komputer ke MMC, kemudian pasang lagi MMC ke HP Samsung.
    e. Setidaknya dari sini kita tahu apakah MMC kita yang membuat HP ngadat atau tidak.

Kalau Anda tidak bisa masuk ke menu utama, karena terhalang permintaan userID dan Password, atau HP restart, atau HP dari pertama kali dihidupkan hanya menampilkan logo Samsung terus menerus, tidak bisa masuk ke tampilan. Solusinya
**Solusi Ketiga**
Jika hal diatas sudah dicoba namun, HP masih sering ngadat, restart ulang terus menerus, Anda harus melakukan Hard Reset atau kita kembalikan ke pengaturan ulang pabrikannya, dengan mem-flash lewat menu bawaan HP,
    Caranya :
    a. HP dalam keadaan mati, pastikan batere HP Samsung Galaxy Young terisi cukup banyak, 50% lebih
        atau bisa bertahan 1 jam jika dinyalakan.
    b. Tekan bersamaan tombol Home + Volume UP + Power, tunggu hingga muncul logo Samsung, dan
        masuk ke menu Flashing. Untuk lebih jelasnya lihat gambar :
                Cara Hard Reset Handphone Samsung Galaxy Young

    c. Karena touch screennya tidak aktif, gunakan tombol Volume UP/Down untuk memilih tulisan Wipe Data / Factory Reset, untuk meng-iya-kan pilihan tekan tombol POWER.

                    
    d. Pilih Yes - Delete All User, tekan tombol POWER. Lihat gambar :
    e. Tunggu sampai proses selesai.
    f. Selanjutnya Pilih "Reboot Now", ta...ra...., HP Samsung Galaxy Young-nya telah ter-hard reset.
                    
**Solusi Keempat**
Memang semua kemungkinan bisa terjadi ketika HP error, namun yang satu ini sering diabaikan, alias dilupakan, yaitu kebersihan tombol, bisa jadi tombol power, home atau Volume. Jika salah satu tombol ini saat ditekan tidak bisa kembali lagi atau agak keras dan lengket ke dalam, saatnya hp dibersihkan.
Caranya : dengan menghadapkan layar ke bawah, tekan beberapa kali tombol Home, untuk tombol Power tekan beberapa kali juga tombolnya, atau jika cukup parah lengket ke dalam, lakukan slentikan pada tombol Power beberapa kali (jangan terlalu keras ya), biar kotorannya pada jatuh rontok.


Sekian pembahasan tentang Menangani Masalah Pada HP Samsung Galaxy Young, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa beri komentar untuk kemajuan bersama. Cayooooo.....oooo.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar